diposkan pada : 23-05-2020 11:47:07

Fabel Islami adalah Cerita tentang hewan-hewan yang bernuansa Islami

Seekor laba laba muda baru tinggal di Gua Tsur, di Pintu Gua banyak serangga yang lewat, sepertinya Gua Tsur adalah tempat yang cocok untuknya, karena baru berpisah dari induknya, maka setiap hari laba-laba muda belajar mandiri untuk berlatih membuat sarang.

Pagi hari, ia sudah mulai berlatih, ia bertekad secepatnya mampu dan bisa membuat sarang, Hingga suatu siang, kerja kerasnya membuahkan hasil, sarang yang ia buat cukup rapi. "Alhamdulillah ....selesai juga," cetus laba-laba muda gembira, Ia memandangi sarangnya dengan perasaan gembira, sepanjang hari ia menunggui sarangnya, dan serangga yang berterbangan di pintu gua pun banyak yang terjerat oleh sarangnya.

Tiba-Tiba dua orang lelaki berjalan tergesa-gesa menuju gua, mereka seperti sedang menghindari sesuatu. lalu tanpa sengaja sarang laba-laba pun mereka terobos, laba-laba pun amat gusar menyaksikan hal itu, ia begitu bersedih, tak lama kemudian datanglah sepasang merpati, "Assalamu'alaykum, kamu kenapa wahai laba-laba?", "Wa'alaykumussalam, sarang yang aku buat susah payah telah dirusak oleh dua orang lelaki", dan sepasang merpati itupun memberitahu bahwa mereka adalah Nabi Muhammad dan sahabatnya Abu Bakar, yang sedang bersembunyi dari kejaran orang2 kafir quraisy, 

laba-laba muda pun terkejut, dan bingung kenapa Rasulullah dan Abu Bakar harus bersembunyi di Gua Tsur, dan gua ini mudah terlihat dari pemukiman penduduk mekah, sepasang merpati dan laba-laba mulai memikirkan bagaimana cara untuk menjaga pintu gua, lalu akhirnya mereka masing2 membuat sarang didepan pintu gua dengan harapan orang orang kafir itu akan terkecoh. meskipun lelah, mereka terus bekerja demi melindungi dua manusia yang mulia. sampai akhirnya selesai juga mereka membuat sarang.

kemudian tak lama datanglah sekelompok orang kafir dengan wajah garang ke gua tsur, merpati dan laba2 sangat takut dengan orang-orang itu, namun karena kecintaan mereka pada Rasulullah, mereka berusaha untuk tetap tenang, Salah seorang dari orang kafir tersebut mendekati pintu gua dan memperhatikan sarang merpati dan laba2, "Jika Muhammad ada didalam, maka sarang merpati dan laba2 ini pasti sudah rusak dan terkoyak", ujarnya

orang-orang itupun sepakat bahwa tidak ada orang didalam gua, dan mereka segera pergi meninggalkan gua tsur. Merpati dan laba2 bersyukur kepada Allah, "Alhamdulillah berkat pertolongan Allah kita bisa menjaga Nabi Muhammad dan sahabatnya Abu Bakar."