diposkan pada : 28-05-2020 07:41:31

Catatan Singkat Buku Father Man Ustadz Bendri Jaisyurrahman

Negeri ini bukan darurat ekonomi atau politik. Sekaratnya negeri ini justeru dilihat dari rusaknya sumber daya manusia. Hilangnya sosok ayah dalam keluarga rentan melahirkan generasi yang lemah di segala aspek.

Jika ibu adalah madrasah pertama anak-anaknya maka ayah adalah kepala sekolahnya. Visi tahapan pendidikan Nabi Ibrahim tertulis dalam Alquran surat Ibrahim ayat 35-37 yaitu dimulai dari aqidah, ibadah, akhlak, life skill sampai menjadi pribadi mandiri dalam pengelolaan rezeki.

Ayah harus hadir di saat yg tepat (the right man on the right time) yaitu
1. Hadir saat anak sedih
2. Hadir saat anak sakit
Jangan sampai penjahat, bandar narkoba, atau predator seksual yang menemani anak saat sedih dan sakit.

Peran Ayah dalam mendidik anak
1. Sebagai Konselor
2. Sebagai Guru
3. Sebagai Pengasuh
4. Sebagai Motivator
5. Sebagai Entertainer
6. Sebagai Promotor
7. Sebagai Donatur

1. Sebagai Konselor memahami perasaan anak, mendengar keluh kesah anak seraya menunggu momen yang pas memberikan nasihat.

2. Sebagai Guru yaitu bagaimana ayah harus punya segudang jawaban untuk bisa memuaskan jawaban anak. Tuntuan ayah untuk terus menambah wawasan agar tidak salah memberi informasi yang berdampak mencelakakan masa depan anak.

3. Sebagai Pengasuh dimana dalam prosesnya memerlukam kesungguhan, ketekunan dan kesabaran. Proses pengasuhan anak berbeda di tiap tahapan usia anak. Ketika mendapati akhlak anak tidak sesuai harapan, dilarang bersikap reaktif melainkan perlu bersabar menuntun perlahan sampai bisa berubah.

4. Sebagai Motivator yang men-charging di saat lemah batin dan jiwanya. Yang dibutuhkan untuk menjadi motivator yaitu kredibilitas (selaras prilaku dan perkataan) dan momentum terbaik men-charging batin anak.

5. Sebagai Entertainer yaitu ayah sebagai aktor pusat hiburan anak. Bagaimana menghilangkan kebosanan dan menjadikan anak lebih dinamis (walaupun tanpa gadget) : 
-makan bersama,
-ajak berbincang,
-bersih2 rumah bersama,
-hadiah
-jalan2 bersama
-libatkan dengan hobi ayah atau fasilitasi hobi anak
-bermain bareng
-fokus pada kebersamaan bukan kemenangan
-cerita/mendongeng
-ajak anak menjelajah dan mengeksplorasi hal2 disekitar kita untuk memuaskan rasa ingin tahunya

6. Sebagai Promotor mempromosikan kebaikan anak kepada orang lain. Anak akan murka dan merasa terhina jika ayah malah menceritakan kekurangan anak. Ayah dituntut memahami kelebihan anak sehingga tidak salah mempromosikan/lebay. Tujuan mempromosikan adalah bukan membuat anak eksis namun supaya anak tahu ayahnya bangga kepadanya.

7. Sebagai Donatur dimana suatu hadiah/barang/makanan yang berkesan dapat menaklukan hati anak. Hati yang takluk akan mudah diarahkan pada kebaikan. Royal bukan berarti diajarkan hidup mewah namun bukti perhatian & cinta.