diposkan pada : 31-05-2020 14:16:16

8 Life Skill yang dibutuhkan menurut Yodhia Antariksa

Berikut ringkasan buku yang ditulis oleh seorang HR Consultant dan pengelola blog strategimanajemen.net

8 life skill yang sangat diperlukan saat ini menurut Yodhia Antariksa :

1. Self Learning
"Learning ia the way to mastery" Anonim. Era keberlimpahan informasi, workshop online, dan digital course berbayar maupun gratis. Tuntutan untuk fokus menekuni keilmuan hingga menjadi master. Selain itu beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kognisi seperti olah raga, makan bergizi, dan beribadah.

2. Grit & Resillency
Pemenang adalah dia yang mampu berdiri ketika jatuh dan masih tetap bertahan ketika yang lain menyerah
Tuntutan untuk terus bertumbuh (growth mindset), menumbuhkan otot grit dengan berlatih/belajar. Anjuran untuk menghindari emosi negatif, keluar dari jebakan smartphone dan gigih berjuang untuk rencana jangka panjang.

3. Creative Problem Solving
Era digital dimana banyak ditemukan anak muda dengan kreatif, berfikir out of the box dan mampu mengimplementasikan idenya untuk mengatasi solusi di Masyarakat. Mereka membangun startup, menjadi influencer, bekerja freelance, membentuk komunitas produktif, dll. Dari yang mulai ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), benchmark dari trend financial report perusahaan digital besar, atau kisah sukses di negara lain sampai dengan implementasi blue ocean strategy pada business model convas.

4. Productivity
Ada yang pro dengan multitasking namun ada yang pro dengan Deep Work. Intinya produktivitas adalah seni untuk managing focus, energy & attention to done your job/project. Otot fokus bisa ditingkatkan dengan berlatih. Prinsip pareto dimana mengerjakan prioritas pada 20% yang berdampak pada 80%. Penting mengetahui jam biologis untuk fokus apakah pagi/siang/malam.

5. Mind Management
Seni mengelola stress dengan cara mengetahui tujuan hidup/master piece yang ingin diraih, bersyukur & memberi apresiasi, konsumsi info & knowledge yang bermanfaat/terkait dengan tujuan, dan cara termudah memulai resolusi dengan baby step.

6. Professional Manner
Baik sebagai Pekerja karir/Pengusaha/Business Owner/Freelancer tetap menomor satukan etika. Etika menjaga network/relasi/citra positif. 

7. Digital Literacy
Ada ungkapan "punya banyak akun sosmed dibanyak platform tapi teman-temannya sama"...
Banyak orang sudah membatasi penggunaan akun sosmed yang bersifat pertemanan akrab, profesional untuk personal branding, memamerkan karya, untuk jualan, untuk follow idola/Mastah/coach, atau akun khusus untuk paid advertising, akun untuk buzzer dll. Jadilah netijen sosmed santuy...

8. Money Management & Financial Freedom
A.Earning Skill terkait dengan perkataan Pak Tung Dasem yaitu Faktor Tambah dan Faktor kali.
- Menjadi corporate Manager (Melatih kecakapan fungsional, kemampuan manajerial, dan meraih kinerja cemerlang)
- Menjadi Entrepreneur
- Menjadi high paid self employee (Freelancer, Konsultan dll. Tentukan 1. identitas diri yang paling relevan dengan passion, pengalaman, background dll. 2. Menjadi expert dengan komitmen self learning pada skill yang menghasilkan. 3. Branding diri.
B. Spending Skill
Pilihan gaya hidup minimalis,  hindari teman yang boros dan mengalokasikan anggaran untuk investasi keuangan, investasi pengetahuan, dan sodaqoh.
C. Investing Skill
Tentukan tujuan investasi, dan pilih instrumen investasi.